Thursday, January 19, 2017

Ngerandom Ke Yogyakarta

Setelah beberapa tahun lalu saya pernah punya rencana untuk ngerandom ke Jogja di post blog saya "Ngerandom ke Bandung" dan akhirnya dapat terlaksana awal tahun lalu, sebenernya sih pengen nulis ini dari pas balik dari jogja apa daya tangan ku ini malas untuk mijet mijet keyboard. Sebenernya sih ke Jogja waktu itu gak direncanain dan cukup mendadak karena pas lagi iseng iseng nyari tiket kereta murah eh dapet, yaudah deh sekalian aja saya pesan. Saya pergi ke Jogja berdua dengan teman semasa SMA dulu si Mae namanya. Kami di sana sekitar 8 hari, selain keliling jogja kami juga ke Solo (buat nemenin  Mae yang mau daftar kerja di jobfair UNS *naro lamaran jauh jauh amat ya).

Selama disana saya nginep di rumah mbah nya Mae di Wates, jarak wates Jogja sekitar 1 sampai 1,5 jam lah kalau naik motor dan 1/2 - 1 jam gitu kalau naik kereta lokal. Kami berangkat naik kereta gaya baru malam seharga Rp.76k saja dari pasar senen dan turun di stasiun wates. Perjalanan menggunakan kereta sekitar 8 jam dan saya gak bisa tidur lalu hanya bengang bengong ngeliatin pemandangan. Selama disana saya mengunjungi beberapa objek wisata yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, dan untungnya saya bawa tour guide asli sana hahaha si Mae hatam banget jalanan ke tempat tempat wisata disana. Kami keliling Kulon progo dan jogja dengan mengendarai sepeda motor, sepeda motor boleh pinjam ke bude nya Mae, lumayan cuma modal isiin bensin doang. Tengkyu bude nya Mae..

Karena udah lumayan lama jadi saya lupa-lupa inget hari keberapa ngunjungi tempat-tempat wisata itu, seingatnya aja ya. Hari pertama alias keesokan harinya (karena kita sampai di wates sekitar jam 8 malam) kita ke solo karena jadwal jobfair itu 2 hari yaitu hari keesokan ketika sampai di wates dan lusa. Kita naik kereta namanya kalo gak salah pramex seharga 15rb dari stasiun wates sampai stasiun solo balapan, lalu di lanjut dengan bus trans solo yang nyaman mirip-mirip transjakarta gitu. Setelah sampai mulailah antri dan Mae gak kebagian nomer antrian untuk apply lamaran ke perusahaan incerannya karena banyak banget yang mau apply disana juga, jadilah keesokan harinya balik lagi ke Solo. Tapi cuma Mae yang ke Solo sayanya ikut dan turun di Jogja lalu kelilingan jogja sendirian.

Setelah sampai di stasiun Tugu saya jalan menuju jalan malioboro dan menelusuri jalan malioboro dengan berjalan kaki dan sesekali nyobain kuliner pinggir jalan, makan nasi pecel di pasar beringharjo lalu lanjut jalan yang kemudian saya melihat pintu masuk museum Verdeburg yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Harga tiket masuknya cuma 2rb loh, murah banget kan. Di dalamnya terdapat banyak diorama diorama gitu dan ada theater untuk nonton film sejarahnya juga. Setelah ngadem di museum verdeburg saya lanjut jalan kaki ke Alun alun dan lanjut ke Keraton Jogja lalu masuk menelusuri isi dalam keraton dan kebetulan sedang ada renovasi jadi ada beberapa ruangan yang ditutup. Sambil nunggu Mae balik dari solo dan janjian ketemuan di malioboro saya duduk-duduk santai menikmati hiruk pikuk jalan malioboro. Sore pun tiba saya dan Mae pun kembali ke rumah si Mbah.

Keesokan harinya kita mengunjungi Hutan pinus Imogiri yang letaknya dekat dengan taman buah mangunan, kami kesana menggunakan sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, jalanannya asik banget lengang dan bagus gak ada macet pun. Akses jalan menuju hutan pinus itu tanjakan plus berkelak-kelok tapi asik banget kok jalanannya, setelah menempuh perjalanan yang lumayan lama akhirnya sampai lah kami di hitan pinus imogiri yang asli pemandangannya keren parah, disana gak ada htm jadi cuma bayar 3rb untuk uang parkir. Dan beginilah penampakannya

Image may contain: tree and outdoor     Image may contain: one or more people and tree                                                           Image may contain: one or more people, tree and outdoor
Setelah selesai menikmati siang di hutan pinus kami memutuskan untuk kembali ke rumah si Mbah tapi pas di jalan pulang si Mae ngajakin ke pantai yang katanya pemandangannya ajib gitu jadi biasanya kan kalo dipantai itu tumbuhnya pohon kelapa ya tapi di pantai ini tumbuhnya pohon cemara dan bener aja pas nyampe disana sepanjang pantai pohon cemara yang membuat pemandangan pantai jadi makin ashiq dan seger.
                                                     Image may contain: tree and outdoor

Hari berikutnya kami berkunjung ke Kali biru, saya motoran seorang diri sedangkan mae diangkut oleh sepupunya. Kami berangkat kesana bareng sama sepupunya mae yang berprofesi sebagai fotografer di photobooth kali biru sana, jalan menuju kesana lumayan ekstrim menurut saya dan lebih parah dari akses jalan ke imogiri. Jalanya sempit cuma cukup untuk 1 mobil gitu dengan tanjakan yang sangat curam, yang gak terlalu ahli bawa motornya sih mending di bonceng aja yaa..sebelum sampai kalibiru kita ngelewatin waduk sermo dulu yang keliatan nanti dari atas kali biru.
        keren banget kan pemandangannya, tenang aman kok karena ada pengamannya. Setelah puas foto-foto di kalibiru kami lanjut ke Kedung Pedut curug gitu yang katanya pernah ada di episode acara tv 'My Trip My Adventure" tapi saya gak nonton pas episode itu. Untuk menuju kedung pedut kita harus melewati jalan setapak dari pintu masuk kedung pedut, oiya disana ada htm nya sekitar 6rb rupiah/orang dan 3rb untuk parkir. Airnya bagus banget warnanya kayak air susu gitu.
                                                       Image may contain: 1 person, outdoor

Lalu keesokan harinya kaki saya encok akibat 3 hari berturut turut kelilingan jalan kaki menempuh jarak yang lumayan jauh dan yang rencananya mau ke gunung kidul akhirnya gak jadi dan berujung tepar di tempat tidur. Hari selanjutnya akhirnya kaki saya sudah membaik dan kami lanjut buat kelilingan jogja lagi, saya ke taman sari pengen cari spot foto yang di tangga-tangga itu tapi gak ketemu, yaudah akhirnya kita nyari oleh-oleh aja deh. Dan keesokan harinya kami kembali ke Ibu kota tercinta dan siap untuk mencari kerja kembali hahahaha derita para fresh graduate..foto-fotonya cuma segitu aja karena di tempat lain suka lupa ngabadiin momen karena saking asiknya...see you again di perjalanan selanjutnya yaaaa bubyeeee mueheheheh